Rabu, 01 April 2020

Materi TIK Kelas 7

Shortcut Keyboard Microsoft Word 

 

Read more...

Matematika Kelas 8

Latihan Soal 
SMP Al Ihsan Cimencrang

STATISTIKA

RANGKUMAN
1. Untuk mempermudah menentukan ukuran pemusatan (mean, median, modus), dapat di sajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
2. Mean (rata-rata hitung)
3. Modus adalah nilai/data yang sering muncul
4. Median adalah nilai tengah pada sebuah data setelah data tersebut di urutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Contoh.

1. Perhatikan data berikut!
    5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8, 8, 9, 10

    Tentukan:
    a. nilai terrendah dan tertingginya!
    b. mean
    c. median
    d. modus
   
    Jawaban:
    a. Nilai terrendahnya adalah 5 dan nilai tertingginya adalah 10.

    b. mean (rata-rata)
        untuk mencari rata-rata, jumlahkan seluruh data, kemudian bagi dengan banyaknya data tersebut (frekuensi)
        jumlahkan  5+5+6+6+6+7+7+8+8+9+10=77
        kemudian hasilnya di bagi banyaknya data. banyaknya data adalah, dalam hal ini, ada berapa banyak nilai yang ada, yaitu 11 data. maka, jumlah nilai yang tadi, bagilah dengan 11. hasilnya adalah, 77/11=7. jadi, nilai rata-ratanya adalah 7.

    c. median (nilai tengah)
data ini 5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8, 8, 9, 10, sudah berurutan dari yang terkecil sampai yang terbesar, jadi, tidak perlu di urutkan lagi. hanya tinggal di cari saja, manakah data yang berada di tengah-tengah. Pada data ini, terdapat 11 nilai, artinya nilai tengahnya akan ada pada urutan ke 6. jadi, nilai tengahnya adalah 7. Perhatikan, apabila data belum berurutan dari yang terkecil hingga ke yang terbesar, maka urutkanlah terlebih dahulu.

   d. modus (nilai yang sering muncul)
berdasarkan data 5, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8, 8, 9, 10 ini, nilai yang paling sering muncul adalah 6. berdasarkan data, kemunculannya berulang sebanyak 3 kali.

TUGAS

Perhatikan data berikut ini !

1. 39, 37, 36, 45, 40, 38, 44, 38, 34.
    Tentukan:
    a. nilai terrendah dan tertingginya!
    b. mean
    c. median
    d. modus

2. Data berikut adalah data nilai ulangan Matematika di sebuah kelas.

70, 90, 75, 95, 70, 85, 75, 90, 85, 70, 80, 75, 85, 80, 65, 75, 90, 80, 75, 70, 85, 95, 70, 90, 80, 75, 65, 70, 80, 75.

     Tentukan:
    a. nilai terrendah dan tertingginya!
    b. mean
    c. median
    d. modus
Read more...

Matematika Kelas 9

Asslamu'alaikum soleh solehahku,,

Ananda kelas 9, silahkan mencoba untuk mengerjakan soal-soal berikut ini ya,,,

1.    “Tarif Taksi”
Di sebuah kota terdapat dua perusahaan taksi A dan taksi B.
Perusahaan tersebut menawarkan tarif taksi seperti berikut:
Tarif
Jarak (km)
Awal
1
2
3
...
15
Taksi A
7.000
9.500
12.000
14.500
...
...
Taksi B
10.000
12.000
14.000
16.000
...
...
Penumpang taksi (konsumen)  dapat memilih tarif taksi yang lebih murah. Yunia ingin pergi ke sebuah mall yang berjarak 15 km dari rumahnya. Agar diperoleh biaya yang lebih murah, maka taksi yang sebaiknya digunakan Yunia adalah ....

2. Operasi * artinya “kurangkan bilangan pertama dengan bilangan kedua, kemudian hasilnya bagi dengan  bilangan kedua”. Nilai dari  adalah ….

3. Arya, Bagas dan Desta membeli buku dan pensil sejenis di toko yang sama. arya membeli 4 buku dan 3 pensil dengan harga Rp29.000,00. Bagas membeli 1 buku dan 4 pensil dengan harga Rp17.000,00. harga yang harus di bayar Desta jika ia membeli 3 buku dan 2 pensil adalah .... 
Read more...

Materi TIK Kelas 9


Silahkan pelajari tutorial cara instalasi windows 7 pada link di bawah ini !

Instalasi Win 7
Read more...

Matematika Kelas 7

SEGITIGA

A. Jenis-jenis Segitiga

1. Jenis segitiga ditinjau dari sisi-sisinya
a. Segitiga sembarang
b. Segitiga sama kaki
c. Segitiga sama sisi

2. Jenis segitiga ditinjau dari besar sudutnya
a. Segitiga lancip
b. Segitiga siku-siku
c. Segitiga Tumpul

TUGAS

1. Gambarlah semua jenis segitiga dan tuliskan lengkap dengan keterangannya!
2. Perhatikan di sekelilingmu, kemudian sebutkanlah benda-benda atau tempat-tempat yang menunjukkan bentuk segitiga!
Read more...

Materi TIK Kelas 8

Silahkan pelajari rumus-rumus excel dibawah ini !






Read more...
 
IBS © 2020